Cek BPJS Online Ternyata Sangat Mudah, Berikut Ini Caranya!

Perkembangan dan kemajuan teknologi yang semakin pesat sudah banyak membawa kemudahan bagi masyarakat di era sekarang ini. Tidak hanya dalam bidang komunikasi saja dimana orang-orang lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh, untuk melakukan cek BPJS pun saat ini sudah bisa dilakukan dengan mudah secara online atau lebih dikenal dengan istilah cek BPJS online. Cara tersebut dinilai lebih efisien dimana Anda bisa melakukan kegiatan lain yang lebih penting daripada melakukan pengecekan BPJS.

Cara Mudah Melakukan Cek BPJS Online Iuran Tagihan Sudah Bayar Atau Belum

Cara cek iuran tagihan BPJS secara online ternyata tidak sesulit seperti yang dipikirkan. Bahkan Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus meminta bantuan petugas dengan menggunakan halaman web resmi BPJS via smartphone android. Dan berikut ini cara-cara yang harus dilakukan untuk mengecek iuran tagihan BPJS.

  1. Akses ke halaman website https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ yang merupakan halaman resmi untuk digunakan para pengguna BPJS dalam melihat informasi pembayaran iuran.
  2. Masukkan 13 digit nomor kartu BPJS kesehatan yang akan di cek iuran tagihannya.
  3. Jangan lupa untuk memasukkan tanggal lahir peserta BPJS dengan benar.
  4. Setelah itu masukkan angka validasi sesuai dengan nomor yang terlihat pada layar PC.
  5. Selanjutnya klik tombol cek.
  6. Ketika nomor yang Anda masukkan benar, secara otomatis akan muncul informasi berisi nama peserta, nomor peserta, tagihan, denda, total tagihan, tanggal pembayaran terakhir, nominal pembayaran, dan saldo.

Itulah cara mudah untuk melakukan pengecekan iuran tagihan BPJS yang bisa dilakukan secara online. Cara-cara tersebut juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah pembayaran tagihan BPJS sudah tercatat atau belum.

Cara Mudah Lakukan Cek BPJS Online Via Smartphone Android

Cek tagihan BPJS sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah melalui sms. Namun sebagian besar para pengguna BPJS tidak pernah mendapatkan balasan sms sama sekali, sehingga salah satu alternatif pilihan yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cek BPJS online menggunakan smartphone android.

Untuk mengetahui berapa total tagihan iuran BPJS satu keluarga yang tergabung dalam satu KK (Kartu Keluarga) via smartphone android dilakukan dengan cara menginstall aplikasi resmi BPJS. Anda bisa melakukannya dengan mudah dengan cara-cara berikut ini.

  1. Pertama-tama install terlebih dahulu aplikasi JKN KIS dari Google Playstore agar terpasang di smartphone android yang Anda miliki.
  2. Setelah itu lakukanlah pendaftaran menggunakan alamat email yang masih aktif digunakan.
  3. Ketika Anda sudah berhasil melakukan registrasi, buka aplikasi yang sudah di download tadi kemudian lakukan login.
  4. Pilihlah menu tagihan, kemudian pilih premi.
  5. Secara otomatis nantinya akan muncul jumlah tagihan dari semua peserta yang tergabung dalam satu keluarga dan juga total tagihan yang harus dibayarkan.

Meskipun mudah dilakukan, masih banyak masyarakat yang belum memahami dengan baik cara-cara cek BPJS online tersebut terlebih ketika mereka lupa dengan nomor BPJS. Sebaiknya Anda jangan terlalu khawatir, karena Anda bisa menghubungi pihak BPJS melalui akun twitternya @BPJSKesehatanRI dengan cara mengirimkan pesan untuk menanyakan nomor BPJS. Saat menanyakan nomor BPJS, Anda hanya perlu menyebutkan NIK, KTP, tanggal lahir, atas nama siapa. Nantinya pihak BPJS akan melakukan pengecekan data dan menginformasikan kembali nomor BPJS Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *