3 Metode Pembayaran Online Paling Populer Di Indonesia Yang Harus Diketahui

Di Indonesia, perkembangan ekosistem bisnis e-commerce terjadi secara signifikan dalam kurun waktu 10 terakhir yang mencapai angka 26,2 juta pelaku bisnis. Seiring dengan peningkatan bisnis e-commerce kebiasaan masyarakat dalam berbelanja pun mengalami perubahan dari offline ke online. Meskipun sudah banyak masyarakat yang gemar berbelanja online, berdasarkan riset di lapangan masih banyak yang belum memiliki kartu kredit. Menanggapi hal tersebut tidaklah heran jika di era modern seperti sekarang ada banyak metode pembayaran online bermunculan.

Dunia jual beli di pasar Indonesia sepertinya memiliki keunikan tersendiri. Jika di negara seperti India dan Amerika Serikat pertumbuhan e-commerce yang terjadi beriringan dengan transaksi via kartu kredit yang semakin meningkat, di Indonesia justru tidak demikian dimana kegiatan transaksi dan pembayaran menggunakan kartu kredit justru tidak begitu populer.

Metode Pembayaran Online Paling Populer Di Indonesia

Jika penggunaan kartu kredit sebagai media dalam melakukan pembayaran dan transaksi online tidak banyak digunakan, lalu metode payment apa saja yang paling populer digunakan masyarakat Indonesia?

  • Transfer bank

Sebanyak 60-80% total transaksi yang terjadi di Indonesia menggunakan metode transfer bank. Metode ini menggunakan sistem pengiriman sejumlah dana dari satu akun ke akun yang lain baik itu secara offline maupun online yang dilakukan melalui teller bank atau ATM.

Sebelum mulai mencatat akun bank e-commerce yang akan digunakan sebagai perantara payment, para pembeli biasanya akan menyimpan transaksi online terlebih dahulu. Setelah itu di waktu luang barulah mereka pergi ke ATM untuk mulai melakukan pembayaran. Ketika proses payment tidak dilakukan atau bahkan melebihi batas waktu yang telah ditentukan, transaksi secara otomatis akan dibatalkan.

Selain menggunakan ATM, metode transfer bank yang digunakan masyarakat Indonesia juga dilakukan dengan internet banking atau mobile banking. Beberapa bank besar di Indonesia yang sudah support layanan ini diantaranya Bank Mandiri, Bank BCA, dan CIMB Niaga.

  • Cash on Delivery

Metode pembayaran online selanjutnya yang paling populer di Indonesia yaitu COD (Cash on Delivery). Tercatat kurang lebih sebesar 14-20% customer toko online di Indonesia menggunakan metode COD untuk melakukan pembayaran dan transaksi lainnya. Sistem COD ini berlaku pembayaran tunai yang bisa dilakukan langsung oleh konsumsn saat barang atau produk yang dipesan tiba di rumah.

Dengan sistem pembayaran yang dilakukan menggunakan uang tunai, banyak masyarakat percaya bahwa metode Cash on Delivery ini aman. Selain itu, konsumen atau customer bisa melakukan pengecekan barang yang dibeli terlebih dahulu.

  • Kartu kredit

Meskipun tidak banyak digunakan seperti metode pembayaran yang lainnya, kurang lebih sebanyak 2,5-6% pelanggan e-commerce sudah menggunakan metode payment via kartu kredit. Dengan presentase tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan kartu kredit memang lebih rendah dalam transaksi e-commerce. Sebagian besar penerbit kartu kredit di Indonesia menggunakan MasterCard dan Visa.

Itulah ketiga metode payment online paling populer digunakan di Indonesia. Bagi Anda yang tertarik untuk bergelut di bidang bisnis e-commerce, pahamilah dengan baik berbagai metode pembayaran online yang berlaku. Untuk menjawab masalah payment dalam berbisnis, sebaiknya Anda menggunakan layanan payment gateway yang bisa menerima berbagai metode pembayaran online hanya dengan satu akun saja. Salah satu payment gateway terbaik yang bisa Anda gunakan yaitu payment Prismalink.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *