Cara Kerja Payment Gateway Yang Membuat Transaksi Online Lebih Mudah

Trend berbelanja online dari waktu ke waktu semakin mengalami peningkatan. Hal ini terjadi seiring dengan perkembangan teknologi yang tumbuh dengan pesat. Jika dulunya pusat perbelanjaan di mall-mall banyak dikunjungi para penggemar shopping, sekarang mereka mulai beralih ke sistem belanja online yang bisa dilakukannya dengan mudah hanya menggunakan media smartphone untuk mengakses website e-commerce. Dalam melakukan pembayarannya, saat ini sudah banyak bermunculan berbagai metode payment yang bisa digunakan dengan dukungan cara kerja payment gateway.

Apa itu payment gateway? Sistem payment menggunakan gateway merupakan salah satu layanan transaksi online yang mengendalikan atau mengotorisasi proses payment. Proses payment yang dikendalikan oleh layanan ini bisa melalui transfer bank, kartu kredit, e-wallet seperti XL Tunai dan TCash, dan pembayaran secara langsung.

Mekanisme Cara Kerja Payment Gateway Sampai Transaksi Berhasil Dilakukan

Tidak cukup hanya menjadi pengguna layanan payment gateway saja, sebagai penggemar online shop Anda juga harus mengetahui bagaimana mekanisme kerja dari payment gateway itu sendiri. Lalu bagaimana cara kerja layanan payment gateway dari awal sampai transaksi penjual dan pembeli pada akhirnya berhasil dilakukan? Berikut ini penjelasannya.

  • Customer memutuskan untuk membeli produk yang tersedia di website e-commerce
  • Customer mulai melakukan sesi pembayaran
  • Informasi mengenai transaksi mulai disampaikan ke koneksi sumber payment gateway
  • Payment gateway akan meneruskan informasi transaksi tersebut ke prosesor pembayaran bank penjual atau pemilik toko online
  • Informasi transaksi akan diteruskan dari prosesor pembayaran ke asosiasi sekaligus menjelaskan jenis kartu yang digunakan seperti MasterCard atau Visa
  • Bank terkait akan menerima permintaan transaksi kemudian mengirimkan balasan ke prosesor menggunakan suatu kode khusus
  • Kode khusus yang diberikan kepada prosesor memperlihatkan apakah transaksi yang dilakukan berhasil atau gagal
  • Prosesor pembayaran selanjutnya mengirimkan pesan tersebut langsung ke payment gateway
  • Dari payment gateway informasi tersebut diteruskan ke pemegang kartu dan penjual atau pemilik website e-commerce

Bagi Anda yang mungkin masih bingung dengan bagaimana cara kerja layanan payment menggunakan gateway ini, secara singkatnya jika pembeli sudah melakukan pembelian di sebuah toko online, pemesanan sekaligus metode paymentnya akan diteruskan untuk diverifikasi ke bank pemilik website e-commerce.

Meskipun proses yang terjadi cukup panjang, pembayaran menggunakan layanan payment gateway ini justru lebih mudah dan menghemat waktu. Proses ini hanya berlangsung kurang lebih selama lima detik. Selanjutnya, customer bisa langsung melakukan transaksi pembayaran kemudian pembeli dan penjual akan mendapatkan pemberitahuan bahwa transaksi dan payment yang dilakukan sudah berhasil. Karena alasan kemudahan dalam melakukan transaksi dan pembayaran atas barang yang dibelinya di website e-commerce, toko-toko online mulai dibanjiri para penggemar shopping.

Berbicara mengenai pembayaran, bagi Anda yang mungkin belum memiliki rekening bank atau kredit jangan berkecil hati saat ingin berbelanja online. Pasalnya Anda kini bisa menggunakan fasilitas retail outlet seperti Alfamart dan Indomaret. Namun perlu dipastikan bahwa toko online tempat Anda berbelanja sudah menggunakan layanan payment gateway yang menerima payment via retail outlet, seperti payment gateway Prismalink.

Cara kerja payment gateway yang mendukung proses pembayaran dan transaksi para customer tidak luput dari perkembangan teknologi modern yang semakin pesat. Karena hal tersebut, peran kita dalam menerima perubahan teknologi yang terjadi sangat penting dan sudah sepatutnya kita sambut dengan senyuman.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *